22/02/13

Tips Merancang Website

Diposting oleh Unknown





Di zaman teknologi yang modern ini, website mutlak dimiliki perusahaan untuk mengembangkan sayap bisnisnya dan menjaring pangsa pasar yang lebih luas. Setelah memilih nama domain yang tepat, mempersiapkan perangkat software dan hardware untuk mendukung keberlangsungan website, tentunya ada beberapa tips singkat yang dapat diperhatikan.





Kunjungan pertama pengunjung pada sebuah website menentukkan kunjungan berikutnya. Jika pengunjung merasa puas terhadap informasi website yang diberikan dan nyaman dengan desain dan navigasi website, tentunya Ia akan betah menghabiskan waktunya di website tersebut. Namun, jika tidak, tak perlu waktu yang lama untuk klik tombol ‘close’ pada website tersebut. Kenyamanan ini yang nantinya berpengaruh pada kunjungan berikutnya. Jika dirasa memuaskan, pengunjung akan berkunjung kembali di kesempatan berikutnya. Namun, konten website yang tidak update tidak akan memuaskan pelanggan dan bersiaplah kehilangan pengunjung pada kesempatan yang lain.


Sebagian pengunjung tidak punya waktu lama. Untuk mencari informasi di website, mereka akan memilih website yang mudah diakses. Website kompetitor mungkin memiliki informasi yang sama pentingnya, namun jika website kompetitor lebih mudah untuk diakses dalam waktu yang lebih singkat, bukan tidak mungkin pengunjung akan mencari jalan yang lebih mudah. Oleh karena itu, ketika merancang website, perhatikan kapasitas bandwidth yang disediakan, sehingga tampilannya tetap menarik dan tidak memerlukan waktu yang yang lama untuk mengakses.


Biasanya pengunjung tertarik dengan desain website yang atraktif dan dinamis. Oleh karena itu, perancang website biasanya merancang desain dengan warna-warni yang kontras, menghadirkan citra elegan, ataupun tampilan website menggunakan animasi flash. Namun, pada beberapa kasus, seringkali pengunjung menemukan tampilan kursor yang gemerlap, penuh glitter, dan kelap-kelip dengan warna yang kontras. Perlu diperhatikan, desain yang menarik bukan berarti desain yang heboh. Selain itu, kadang kala tampilan seperti itu juga memerlukan bandwidth yang lebih besar, sehingga waktu mengaksesnya pun lebih lama. Maka, minimalisasikan desain yang terlalu berlebihan dan pertimbangkan waktu mengaksesnya.


Konsep menu yang ditampilkan sebaiknya jelas dan terstruktur. Pengunjung akan kecewa jika membuka halaman website dan tidak menemukan informasi yang dibutuhkannya. Ditambah lagi jika menu yang tidak informatif dan banner iklan dimana-mana. Karenanya, jika ingin membuat halaman website yang lain, pastikan struktur menunya mudah dipahami pengunjung, terutama jika pengunjung berada di halaman menu utama. Jangan lupa untuk menyediakan kolom ‘search’, sehingga pengunjung dapat menghemat waktu untuk mencapai kebutuhannya ketika mengunjungi website tersebut.


Yang terakhir, perancangan website akan sia-sia jika saja website tersebut tak pernah dikunjungi. Semakin banyak pengunjung yang datang dan angka statistik yang terus meningkat, maka informasi pada website tersebut sangat berguna bagi banyak pihak. Oleh karena itu, mudahkanlah pengunjung agar dapat mengakses website tersebut, misalnya dengan: memberi nama domain yang mudah dikenali dan dihapal, menggunakan teknik Search Enginee Optimization, dan tentunya promosikan website dengan baik dengan bantuan jejaring sosial.


Singkatnya, merancang website tidak hanya untuk kebutuhan pemilik website, namun dalam proses perancangan juga sebaiknya mempertimbangkan sudut pandang pengunjung. Jika perlu, buatlah evaluasi terhadap pengunjung yang datang dan mintalah komentar, kritik atau saran terhadap website yang telah dirancang. Sehingga, perbaikan-perbaikan yang dilakukan selanjutnya diharapkan daat memuaskan kebutuhan pengunjung.

0 komentar:

Silahkan komentar nya mas mba kece