17/02/13

Cara belajar bahasa inggris

Diposting oleh Unknown

Cara belajar bahasa inggris – Bahasa inggris adalah bahasa internasional yang penguasaannya cukup di perlukan agar anda bisa melakukan pergaulan dan aktifitas secara global. Untuk belajar bahasa inggris, anda bisa melihat tips cara mudah belajar bahasa inggris yang di jabarkan di bawah ini.
11071221el2

Tips belajar bahasa inggris :

  1. Ingatlah bahwa belajar bahasa adalah proses yang bertahap, bukan proses yang terjadi dalam 1×24 jam.
  2. Tentukan tujuan belajar Anda. Apa yang ingin Anda pelajari dan mengapa Anda perlu mempelajarinya?
  3. Jadikan belajar sebagai kebiasaan. Biasakan belajar hal baru setiap hari. Lebih baik belajar sedikit demi sedikit secara kontinyu, daripada belajar keras dua jam seminggu.
  4. Usahakan membaca teks berbahasa Inggris, baik itu koran, majalah, atau teks apapun, atau menonton film atau menyimak berita berbahasa Inggris. Lakukan ini setiap hari atau sesering mungkin.
  5. Pilih bahan ajar yang baik. Bagaimanapun, Anda tetap perlu belajar membaca, tata bahasa (grammar), menulis, berbicara, dan menyimak, sebagai satu kesatuan keterampilan berbahasa.
  6. Lakukan proses belajar itu secara konstan. Jika Anda belajar bahasa Inggris selama 10 menit setiap hari, bahasa Inggris akan memenuhi memori otak Anda. Jika Anda belajarnya sekali dalam seminggu, jangan harap bahasa itu memenuhi memori otak.
  7. Variasikan proses belajar Anda. Sebaiknya lakukan hal berbeda setiap hari agar membantu proses belajar empat bagian keterampilan berbahasa (baca, tulis, simak, bicara). Jangan terpaku pada satu aspek saja.
  8. Cari kawan belajar. Belajar bahasa secara berjamaah akan lebih menyenangkan dan memberi motivasi ganda.
  9. Pilih materi belajar yang sesuai dengan topic-topik yang Anda minati. Ini akan membuat proses belajar Anda menjadi lebih nikmat, menyenangkan, sehingga lebih efektif.
  10. Hubungkan pengetahuan tata bahasa dengan penggunaan keseharian. Belajar tata bahasa suatu bahasa tidak akan otomatis membuat Anda bisa menggunakan bahasa tersebut. Praktekkan secara aktif apa-apa yang sudah dipelajari.
  11. Buka mulut! Memahami suatu bahasa tidak berarti mulut Anda akan otomatis bisa berbicara dalam bahasa tersebut. Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan suara yang lantang. Awalnya mungkin akan terdengar aneh, tapi ini sangat efektif untuk proses belajar Anda.
  12. Bersabarlah dengan diri sendiri. Ingat bahwa belajar adalah suatu proses. Perlu waktu dan kontinuitas. Anda bukanlah computer yang memiliki tombol on dan off.
  13. Cobalah berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Menguasai grammar memang bagus. Tapi bisa berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan orang lain dalam bahasa Inggris, itu lebih bagus dan menyenangkan lagi.
  14. Manfaatkan Internet! Internet merupakan sarana belajar bahasa Inggris yang luar biasa lengkap, menyenangkan, dan mudah diakses salah satunya yaitu blog kesayanganku ini Belajar bahasa Inggris Online

Media untuk menambah wawasan bahasa inggris

1. Surfing di Internet
Internet akan menjadi sahabat anda. Hal ini disebabkan karena Internet penuh bahan bacaan, rekaman suara, dan banyak lagi yang dapat membantu Anda belajar mengenai arti dari kata-kata sehingga anda dapat belajar membacanya sekaligus mengucapkannya.
2. Dari Film Berbahasa Inggris
Beli / Sewalah film film berbahasa Inggris di toko video kesayangan anda.Jangan khawatir tentang nilai hiburannya. Anda hanya perlu menonton sehingga Anda dapat menghentikannya dan memutar ulang video tersebut dalam rangka untuk memfokuskan pada keterampilan bicara bahasa Inggris Anda.
3. Rekaman
Rekamlah sendiri ketika Anda berbicara bahasa Inggris. Setelah Anda selesai merekam, putar kembali dan dengar apa yang telah Anda ucapkan. Jika ucapan Anda pada rekaman tersebut tidak jelas, maka Anda dapat mencobanya lagi. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat bagaimana orang lain mendengar Anda.
4. Perpustakaan
Datanglah ke perpustakaan dan pilih buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris. Cobalah mulai dari membaca judulnya. Anda hanya perlu berhati-hati dalam memilih tingkat kesulitan dalam berlatih dan menulis beberapa kalimat.
5. Berlatih Menggunakan Lagu
Cari dan beli CD lagu-lagu berbahasa Inggris yang anda suka dan dengarkan. Mendengarkan musik tentu akan sangat menyenangkan. Dan jika Anda ingin, Anda dapat merekam diri Anda sendiri untuk dapat di dengar apa yang masih kurang dan apa yang perlu diperbaiki dari cara penuturan Anda dalam berbahasa Inggris.
6. Membaca Tiap Tulisan
Cobalah untuk membiasakan dengan bahasa Inggris dalam setiap kegiatan Anda. Bukan hanya dengan buku, film, dan CD, namun banyak majalah dan produk-produk lain yang dapat Anda temukan di toko yang mungkin menjual produk-produk berbahasa Inggris. Di beberapa negara banyak produk yang ditulis dalam bahasa Inggris didalam kemasannya.
7. Belajar Bersama Teman
Belajar bersama seorang teman. Teman Anda mungkin tidak mengerti betul bahasa Inggris, namun mereka akan terkesan dengan keahlian Anda. Anda bahkan dapat mencoba untuk mengajarkan apa yang telah Anda pelajari . Hal ini dilakukan agar anda tidak cepat lupa dengan apa yang kita ajari.
8. Cari Arti Kata (Vocabulary)
Bagian ini mungkin salah satu bagian yang paling sulit. Jika Anda mendengar kata dan Anda tidak tahu apa itu, segera tulis dan melakukan penelitian tentang apa maksud dan artinya. Dalam penelitian Anda, Anda akan menemukan lebih banyak lagi kata-kata dalam bahasa Inggris yang dapat menjadikan bahan refensi untuk dipelajari.
9. Berdiary Dengan Berbahasa Inggris
Tulislah semua kegiatan sehari-hari Anda didalam diary anda dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda dapat memulai menulisnya dengan cara sederhana sesuai yang Anda inginkan.
10. Kursus Online
Dan yang paling manjur untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan kursus-kursus bahasa Inggris secara online yang saat ini banyak ditawarkan di media-media internet.
Kursus online ini akan dapat membantu Anda belajar dengan cepat dan Anda akan memperoleh bahan-bahan yang akan pelajari untuk belajar. Sehingga akan membuat Anda mahir dalam bahasa Inggris.

0 komentar:

Silahkan komentar nya mas mba kece