22/02/13

Hal-Hal yang Perlu Dikuasai dalam Web Programming

Diposting oleh Unknown

     Istilah website tentunya sudah bukan istilah yang asing lagi. Bahkan banyak juga orang yang mampu membuat websitenya sendiri. Membuat website sebenarnya memang bukan hal yang sulit lagi. Bahkan untuk membuat website sederhana, orang tidak perlu menguasai bahasa pemrograman web yang rumit. Namun website semacam ini tentunya memiliki banyak keterbatasan. Untuk membuat website yang interaktif, seseorang perlu menguasai Web Programming. Ada beberapa bahasa pemrograman yang perlu dikuasai. Beberapa diantaranya adalah HTML, CSS, PHP hingga Javascript. Bahasa-bahasa inilah yang menjadi modal utama bagi para pembuat website. Disamping itu, teknik Web Programming juga memiliki peran yang sangat penting dalam membuat website yang nyaman dipandang dan mudah dioperasikan.

Cara menguasai Web Programming
    Untuk bisa membuat website, memang diperlukan waktu yang tidak sedikit. Dengan banyaknya hal yang perlu dikuasai, Web Programming membutuhkan waktu yang cukup panjang. Pada awalnya anda perlu menguasai bahasa HTML. Inilah bahasa paling basic dalam pembuatan web. Setelah menguasai bahasa ini, langkah selanjutnya adalah menguasai CSS. CSS sebenarnya merupakan salah bahasa pemrograman web yang fokus pada desain web. Jadi untuk membuat website yang memiliki tampilan yang menarik, anda perlu menguasai bahasa ini. Untuk membuat website tampak lebih interaktif, biasanya para programmer web akan mengkombinasikan bahasa HTML, CSS dan PHP. Bahkan untuk kasus tertentu, mereka juga menggunakan bahasa Javascript dan JQuery dalam Web Programming.

Pentingnya Menguasai Teknik Web Programming yang Tepat
      Membuat website sebenarnya tidak hanya cukup dengan menguasai bahasa Web Programming. Agar website tampak lebih mudah diakses, pembuat web juga perlu mempertimbangkan ukuran file website yang diupload. Semakin besar ukuran filenya, maka akan semakin sulit untuk diakses. Bahkan diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuka website. Jika hal ini yang terjadi, tentunya banyak pengunjung yang akan pergi sebelum website terbuka dengan sempurna. Karena itulah dalam Web Programming akan lebih baik jika tidak terlalu banyak menggunakan file gambar yang hanya akan menghabiskan resource. Lebih baik gunakan teknik variasi CSS saja. Hal ini karena CSS sebenarnya sudah cukup mampu membuat website yang menarik tanpa harus menghabiskan banyak resource. Bahkan pada CSS3 kini anda bisa memeperoleh fitur yang tidak kalah dengan JQuery.

Untuk Keamanan dan Kemudahan, Gunakan Framework yang Populer
   Secara garis besar, Web Programming memang bisa dilakukan dengan teknik kuno yakni hanya dengan menggunakan aplikasi text editor biasa. Namun pada pembuatan web yang lebih kompleks diperlukan tool tambahan yang biasa dikenal dengan istilah framework. Framework inilah yang akan memudahkan programmer web untuk membuat web secara tim. Dengan framework ini juga, tingkat security dari website yang dibuat akan jauh lebih baik. Karena itulah menguasai framework yang populer sangat dianjurkan untuk Web Programming yang memiliki skala dan tingkat kompleksitas yang tinggi.

0 komentar:

Silahkan komentar nya mas mba kece