22/02/13

Manfaat Membuat Website

Diposting oleh Unknown





Website merupakan sarana yang dapat digunakan perseorangan ataupun perusahaan untuk mempublikasikan dirinya melalui dunia maya. Website menjadi sumber informasi paling lengkap dan detail yang paling mudah dijangkau siapapun, kapanpun dan dimanapun, tentunya dengan biaya yang jauh lebih murah. Selain itu, website juga memiliki banyak manfaat. Artikel berikut akan membahas manfaat yang akan didapat ketika memiliki website.





Untuk perusahaan yang memiliki banyak pelanggan, misalnya perusahaan telekomunikasi (telepon selular), tentunya memiliki pelanggan di pelosok negeri atau bahkan di luar negeri. Ketika ada keluhan, pertanyaan, atau bahkan ingin mengetahui detail promosi yang ditawarkan, pengguna dari daerah yang jauh tidak mungkin datang ke kantor pusat hanya untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Selain biaya yang akan membengkak, waktu pun terbuang sia-sia. Sementara, dengan website, pengunjung dari berbagai pelosok daerah dapat mengunjungi website tersebut dalam waktu yang singkat, dan tentunya hanya perlu mengeluarkan ongkos akses internet. Dalam kondisi tertentu, memungkinkan juga komunikasi dengan kantor pusat melalui telepon, namun ketika berada di daerah yang cukup jauh, biaya yang dibutuhkan untuk menelepon juga tidak murah. Dalam hal ini, menggunakan e-mail juga sama baiknya dengan tujuan semula. Terbukti, website cukup membantu dan memudahkan pelanggan perusahaan tersebut.


Jika dahulu, perusahaan hanya memiliki kantor dan pangsa pasar di daerah tertentu, itu merupakan kekurangan. Calon konsumen dari daerah yang lain memiliki informasi yang minim terhadap produk perusahaan tersebut, sehingga perusahaan kompetitor dari daerah yang lebih dekat dengan konsumen akan lebih mudah untuk ‘unjuk gigi’. Sementara, keuntungan mungkin saja didapat perusahaan bila perusahaan tersebut memiliki website sebagai wadah informasi produk yang diperjual-belikan. Singkatnya, website berfungsi sebagai publikasi bisnis, serta produk dan jasa ke jutaan calon konsumen di berbagai belahan bumi manapun. Penjualan pun akan meningkat drastis.


Keberadaan produk, ketersediaan produk, produksi barang terbaru, variasi produk, promosi atau kualitas dan kuantitas produk dan jasa bahkan harga tidak melulu seperti ketika pertama kali di tawarkan. Dalam perjalanannya, produk dan jasa yang ditawarkan tentunya berubah-ubah. Perubahan ini terkadang mengecewakan pelanggan. Untuk mengurangi resiko kekecawaan, ada baiknya informasi tersebut terus diupdate dan website menjadi wadah yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut.


Jika website tersebut berfungsi sebagai online shop, pelanggan yang akan membeli bisa jadi bukan pelanggan lokal. Mungkin saja pelanggan dari negara lain juga setia pada produk atau jasa yang ditawarkan. Namun, kemampuan perusahaan untuk menerima order seringkali terbatas. Sewajarnya, waktu operasional perusahaan adalah sejak pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun, pelanggan dari negara lain mungkin mengalami perbadaan waktu yang mengakibatkan order di luar jam tersebut. Kekhawatiran itu kini tak perlu lagi menjadi masalah. Website pun dapat menjadi tempat untuk menerima order kapanpun, tanpa khawatir pelanggan menunggu jam operasional perusahaan.


Sementara itu, waktu yang dimiliki pelanggan terkadang juga tidak banyak. Jika pelanggan harus datang ke kantor produk tersebut dan harus mengantri dengan pelanggan lainnya, maka waktu yang diluangkan akan terbuang percuma. Nyatanya, lebih praktis jika pelanggan menghubungi website, mengirimkan keluhan atau pertanyaan, dan tinggal menunggu respon pihak perusahaan. Singkatnya, website juga membantu memudahkan kebutuhan pelanggan. Jika demikian, bukan tidak mungkin pelanggan akan terus bertahan karena pelayanan optimal yang diberikan perusahaan.


Dengan memiliki website, pelanggan dan kompetitor pun sudah memahami kemajuan teknologi yang dimiliki perusahaan tersebut. Website yang dimiliki, setidaknya membantu meningkatkan bonafiditas perusahaan dan dianggap satu langkah lebih maju dibanding perusahaan yang belum memiliki website.


Memudahkan transaksi online tentu merupakan nilai tambah bagi pelanggan terhadap perusahaan. Dahulu, skema pembayaran yang dibayarkan lebih kompleks. Perusahaan mengeluarkan jumlah biaya yang harus dibayar dan mengirimkan data tersebut beserta nomor rekening tujuan. Sementara, pelanggan harus mencari ATM dan menyimpan bukti transfer biaya tersebut. Kemudian, dengan menggunakan scanner atau fax, data tersebut dikirim kembali ke perusahaan. Setelah bukti transfer menunggu dalam antrian dan diproses, pelanggan tinggal menunggu produk yang diinginkan datang. Sementara, dengan adanya website yang didukung layanan perbankan, maka pelanggan hanya perlu satu kali klik dan pembayaran pun dilaksanakan. Produk yang diinginkan juga lebih cepat dikirim. Singkatnya, skema transaksi melalui website dapat jauh lebih disingkat, sehingga biaya dan waktu juga dapat dihemat.


Tentunya, tidak ada ruginya memiliki website jika website tersebut dapat diolah dengan baik, sehingga tidak hanya berguna bagi pemilik website, namun juga bagi pelanggan. Pastinya, perusahaan yang memiliki website telah berada satu langkah lebih maju dibanding kompetitornya.

0 komentar:

Silahkan komentar nya mas mba kece